Baden Powell Day, Babinsa Simo Gelar Lomba PBB

BOYOLALI.   Anggota Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali bersama Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Simo menyambut hari bapak pandu sedunia &...

BOYOLALI.  Anggota Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali bersama Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Simo menyambut hari bapak pandu sedunia "Baden Powell Day" dengan mengadakan pelombaan PBB di SMA Negeri 1 Simo, Jl. Ngadenan No. 549, Kebayanan 3, Keluraahan Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Minggu (23/02).

Sedikit mengulas, Baden Powell atau nama lengkapnya Robert Stephenson Smyth Baden Powell yang kemudian bergelar Lord kita kenal sebagai Bapak Pramuka Sedunia. Dilahirkan pada 22 Februari 1857, tanggal dan bulan kelahirannya kemudian ditetapkan sebagai Hari Bapak Pramuka Sedunia atau Bapak Pandu Sedunia.

Pada awal tahun 1900, Baden Powell yang merupakan purnawirawan jenderal dari angkatan perang kerajaan Inggris melihat banyak anak dan remaja di negaranya yang kurang mempunyai kegiatan positif dan akhirnya terjebak dengan kegiatan-kegiatan negatif bahkan kriminalitas remaja yang meresahkan masyarakat. Hal itu yang membuat Baden Powell memikirkan untuk membuat kegiatan positif bagi anak dan remaja di negaranya.

Setelah melihat bahwa ternyata buku karangannya "Aids to Scouting" yang tadinya diperuntukkan para calon prajurit di Inggris ternyata juga dibaca oleh anak-anak dan remaja, maka Baden Powell memanfaatkan buku itu sebagai bahan utama kegiatan perkemahan yang dilakukannya di Pulau Brownsea, Inggris, dengan mengikutsertakan 20 anak dan remaja Inggris.

Hasil perkemahan itu menjadi bahan untuk buku "Scouting for Boys" yang ditulis dan diterbitkannya pada tahun 1908. Buku itu kemudian menjadi buku yang amat diminati, maka lahirlah gerakan kepanduan di Inggris dan segera menyebar ke seluruh dunia. Termasuk ke Indonesia, yang kegiatan kepanduan pertama kali digelar pada tahun 1912.

Inti dari kegiatan kepanduan yang kemudian di Indonesia dikenal dengan nama kepramukaan dan sejak 1961 disatukan dalam wadah Gerakan Pramuka, adalah mendidik dan membina anak-anak dan remaja untuk selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama masing-masing, cinta dan menjalankan kewajiban terhadap Tanah Air, siap menolong dan membantu siapa-pun yang membutuhkan bantuan, serta membina diri mereka sendiri untuk sehat secara jasmani, dan mampu mandiri, serta berketerampilan hidup yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam kepramukaan sedapat mungkin dilakukan di luar ruangan, di alam terbuka, sambil mengagumi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dan membantu merawat serta melestarikan lingkungan hidup, termasuk flora dan faunanya.

Kegiatan kepramukaan yang pertama kali digagas oleh Baden Powell tersebut adalah bagian dari pendidikan karakter untuk menjadikan kaum muda menjadi manusia yang berguna bagi diri mereka sendiri, keluarga, bangsa, dan negaranya.

Baden Powell juga berusaha menjadikan dunia yang lebih baik. Itulah yang menjadi slogan gerakan kepramukaan sedunia saat ini yaitu, "Para Pramuka Menciptakan Dunia yang Lebih Baik".

Upaya menciptakan dunia yang lebih baik itu dapat kita lakukan mulai dari lingkungan terkecil, yaitu di dalam keluarga masing-masing. Berusaha hidup damai dengan sesama keluarga, tidak saling menyakiti, tidak melakukan perundungan dan tidak terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Di lingkungan masyarakat kita juga berusaha agar tidak terjadinya intoleransi, dengan saling menghormati satu sama lain, apa-pun latar belakangnya. Baden Powell juga telah memberikan teladan dengan menyelenggarakan jambore yang terbuka untuk semua, tanpa membeda-bedakan pesertanya.

Kita juga harus menjaga agar setiap Pramuka dapat menjadi yang terdepan dalam mencegah berkembangnya ujaran kebencian, kabar bohong, maupun perilaku negatif lainnya. Termasuk mencegah peredaran narkoba, meluasnya pornografi, tawuran, dan perilaku kriminalitas lainnya.

Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Simo dalam upaya meneguhkan semangat kebaikan yang telah dibawa bapak kepanduan dunia (the founding father) Baden Powel menggelar berbagai aksi kebaikan. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang sekaligus mengimplentasikan misi kebaikan yang telah ditularkan oleh Baden Powel kepada Pramuka Indonesia.

Kegiatan dimulai dari upacara pembukaan, dilanjutkan dengan Perlombaan PBB dan diakhiri dengan renungan hari jadi Baden Powell dimalam harinya.

Badan Pembina Desa (Babinsa) Simo Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Pelda Tri Admoko dalam amanatnya menuturkan bahwa "Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memupuk persatuan dan tali persaudaraan serta menumbuhkan dan menjaga semangat cinta tanah air sehingga di masa depan kita memiliki kader generasi muda yang tangguh, mempunyai satu hati dan satu jiwa salam menerima estapet pembangunan bangsa". Ungkap Pelda Tri Admoko.

Lanjutnya, Pelda Tri Admoko berharap  kepada para peserta pramuka, "Berbaktilah kepada negeri dengan semboyan dan motto gerakan pramuka "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan, Ihklas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana". (Penerangan Kodim 0724/Boyolali).

 

 

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

agenda,17900,berita,18046,Berita Satuan,7221,boyolali,93,covid 19,9915,internasional,9727,karanganyar,10,kesehatan,8514,klaten,500,nasional,13898,olahraga,215,sragen,8,teknologi,1954,TMMD Reg,2095,TNI,12332,wonogiri,7,
ltr
item
Jendela Nusantara : Ruang Berita Nasional maupun Internasional: Baden Powell Day, Babinsa Simo Gelar Lomba PBB
Baden Powell Day, Babinsa Simo Gelar Lomba PBB
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPdgkQrevukbakSThKSdcs2DcMSAna8EBRMml1Fj_70ImCtM0qBilp3ADTcF3sm2cZsdGl-aQHG2saNgxQynmdPpalzR6N1LH49DVvtH89FGcy_2cDFmMqHcYONrGLzEmNjgHkBxIfy1lc/s320/WhatsApp+Image+2020-02-22+at+15.12.18-708235.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPdgkQrevukbakSThKSdcs2DcMSAna8EBRMml1Fj_70ImCtM0qBilp3ADTcF3sm2cZsdGl-aQHG2saNgxQynmdPpalzR6N1LH49DVvtH89FGcy_2cDFmMqHcYONrGLzEmNjgHkBxIfy1lc/s72-c/WhatsApp+Image+2020-02-22+at+15.12.18-708235.jpeg
Jendela Nusantara : Ruang Berita Nasional maupun Internasional
http://www.jendelanusantara.net/2020/02/baden-powell-day-babinsa-simo-gelar.html
http://www.jendelanusantara.net/
http://www.jendelanusantara.net/
http://www.jendelanusantara.net/2020/02/baden-powell-day-babinsa-simo-gelar.html
true
4409605712231236950
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy